Siroh As-Solution adalah program TalkShow dari Radio SASFM dengan pembicaranya yaitu Ustadz Rofiq Abidin, Ketua Yayasan Suara Hati yang tayang setiap hari selasa pukul 16.00 WIB di SASFM. Tema Siroh As-Solution pada edisi 03 Oktober 2017 yaitu “Kisah Kepahlawanan Zubair bin Awwam” yang isinya menceritakan tentang kisah Kepahlawanan Zubair bin Awwam dalam memperjuangkan Islam

Nama lengkap Zubair bin Awwam adalah Zubair bin Awwam bin Khuwailid al-Quraisy al-Asadi, namun biasa dipanggil Abu Abdillah dan digelari Hawari Nabi Muhammad (teman setia). Zubair bin Awwam adalah anak dari Awwam bin Khuwailid yang merupakan seorang pejuang hebat pada masa itu.

Zubair bin Awwam dibesarkan tanpa kasih sayang seorang bapak, namun tidak menghalanginya untuk berjuang bersama-sama baginda Rasulullah hingga akhir hayat baginda. Kehidupan kecilnya di sulami dengan kehidupan yang sukar. Selepas di ketahui orang ramai bahwa Zubair bin Awwam dan ibunya, Saffiyyah binti Abdul Mutalib memeluk Islam, bapak saudaranya Naufal bin Khuwailid yang di gelar singa Quraisy yang merupakan individu yang tidak dapat menerima hakikat dan terlalu sukar mempercayainya lantas di siksa di hadapan orang ramai. Namun, keazaman dan keteguhan iman yang dimiliki Zubair, membuatkan Abu Bakar As-Sidiq kagum lalu menawarkan putri beliau, Asma’ binti Abu Bakar untuk dinikahinya. Zubair bin Awwam juga tergolong salah seorang mubasyirin bil jannah (10 sahabat yang dijamin masuk surga) dan salah seorang pejuang yang hebat.

Perjuangan menegakkan Islam bersama Rasulullah bermula di zaman mudanya. Dengan keberanian dan ketangkasan dimiliki, Zubair bin Awwam sering di beri kepercayaan baginda untuk menjadi watak penting dalam beberapa siri peperangan. Suatu kisah kepahlawanan Zubair bin Awwam adalah ketika perang Uhud selesai. Saat itu, pasukan Quraisy akan berbalik akan menyerang. Nabi Muhammad sangat khawatir dengan situasi ini. Beliau mengutus Zubair bin Awwam dan Abu bakar untuk menghalau mereka. Tujuannya agar tidak terjadi peperangan baru. Berkat kecerdikan dan taktik yang digunakan mereka mampu membuat kaum Quraisy tertipu.

Keistimewaan Zubair bin Awwam adalah sifatnya yang dermawan dan mulia. Zubair bin Awwam selalu menginvaqkan hartanya di jalan Allah, tak hanya itu banyak sekali keistimewaan Zubair bin Awwam lainnya, seperti: Zubair bin Awwam meraih kemuliaan islam melalui usaha dakwah Abu Bakar pada usianya yang belum genap 16 tahun, Zubair bin Awwam menggapai kemuliaan hijrah ke negeri Habasyah dan Madinah, Zubair bin Awwam meraih kemuliaan jihad fii sabilillah bersama Nabi Muhammad Saw dalam semua pertempuran, dan masih banyak lagi.

Ketokohan dan kebijaksanaan dalam peperangan membuat Zubair bin Awwam disanjung oleh kawan dan dihormati pihak lawan. Namun, sedikitpun tidak menggoyahkan imannya untuk terus berjuang bersama Rasulullah bagi menegakkan kebenaran. Zubair bin Awwam wafat pada hari Kamis, bulan Jumaddil Awwal tahun 36 Hijriyah, dan umurnya saat itu 66 atau 67 tahun.