Yayasan Suara Hati menggelar kegiatan wisata bagi anak asuh melalui program “RIHLAH SEMESTA”. Rihlah semesta merupakan kegiatan wisata hikmah bareng 100 anak yatim, piatu dan dhuafah. Berlokasi di Taman Ria Suropati Pasuruan, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Ahad, tanggal 21 Juli 2019, bertajuk “Wisata Hikmah Bareng 100 Anak Yatim dan Dhuafa”.

Sejak pukul 06.30 WIB, anak-anak sudah mulai berdatangan dengan wajah gembira. tidak sabar ingin bergembira bersama melalui wisata ini. Setelah semua anak datang, mereka dibagi menjadi 4 kelompok anak laki-laki dan 4 kelompok anak perempuan yang disebut dengan Qobilah. Qobilah anak laki-laki antara lain : Qobilah Tholhah bin Ubaidillah, Zubair bin Awwam, Sa’ad bin Abi Waqqos dan Abdurrahman bin ‘Auf. Sedangkan Qobilah anak perempuan antara lain : Khodijah binti Khuwailid, Aisyah binti Abu Bakar, Hafshoh binti Umar dan Hindun. Penamaan kelompok ini adalah untuk mempermudah koordinasi dan mendekatkan anak-anak dengan para sahabat dan istri Nabi Muhammad.

Dengan 2 bus yang disediakan, anak-anak dibagi menjadi 2 kelompok yang memisahkan bus untuk anak laki-laki dan bus untuk anak perempuan. Sesampainya di lokasi, seluruh rombongan menuju pendopo untuk makan siang dan sholat Dhuhur. Acara selanjutnya adalah berkeliling di area Taman Ria Suropati bersama-sama dengan melihat Mini Zoo. Hewan-hewan yang ada disana antara lain : ayam tibet, merpati, angsa hitam dan putih, pelikan, buaya muara, ular sanca, orang utan, ikan piranha, ikan aligator, ikan arwana dan bermacam jenis kera serta burung, sambil memahami ayat-ayat Alquran secara nyata dalam kehidupan di alam ini yaitu Alquran Surat An Nur ayat 41, bagaimana semua makhluk dan burung- burung itu berdzikir kepada Allah, bertasbih dan sholat menurut caranya masing-masing.

Anak-anak kemudian menuju kolam renang untuk berenang selama kurang lebih 2 jam. Uang saku dari para donator juga tidak lupa dibagikan kepada anak-anak untuk melengkapi liburan kali ini. Setelah bersih diri dan persiapan untuk pulang. kami mendapatkan tausiyah Hikmah Rihlah Semesta yang disampaikan oleh Ketua Yayasan Suara Hati, Ustad Rofiq Abidin. Pada sesi hiburan, anak-anak bernyanyi bersama grup band KOBE yang setia menemani dalam perjalanan Wisata Hikmah Bareng Yatim dan Dhuafa ini.

Saat perjalanan pulang, kami diundang oleh H. Ali ke Waroeng Kang Thoyyib Bangil dalam acara Grand Opening. Sambutan yang Masya Allah begitu menggembirakan bagi anak-anak Yatim dan Dhuafa Yayasan Suara Hati Sidoarjo. Di saat sedang lapar, setelah seharian jalan-jalan dan berenang, disambut dengan jamuan makan. Diwakili oleh Manajemen Waroeng Kang Thoyyib, yakni Bang Jo, Bu Lita dan Pak Edwin. Setelah makan bersama, anak-anak mendapat oleh-oleh untuk menemani perjalanan pulang, sebagai bekal snack di bus.

Kami meninggalkan Waroeng Kang Thoyyib pada pukul 19.45 WIB menuju Sidoarjo. Alhamdulilah, Allah telah menjaga kami, sehingga tidak satu kekurangan apapun sejak berangkat sampai tiba kembali di Yayasan Suara Hati Sidoarjo, Perumahan Puri Maharani Masangan Wetan Sukodono Sidoarjo.

Walaupun capek, namun kegembiraan bisa dilihat dari raut wajah mereka. Saat tim redaksi bertanya tanggapan mereka “Senang sekali pak, semoga tahun depan saat liburan, kita bisa jalan-jalan bareng lagi ya pak”. Begitulah kepolosan ungkapan dari harapan mereka. Semoga di tahun-tahun mendatang kita bersama secara istiqomah mampu mewujudkan harapan mereka. Aamiin

 

SHARE ARTIKEL !
0Shares
0Shares