Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَأْتِى عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ الصَّابِرُ فِيهِمْ عَلَى دِينِهِ كَالْقَابِضِ عَلَى الْجَمْرِ

Akan datang kepada manusia suatu zaman, orang yang berpegang teguh pada agamanya seperti orang yang menggenggam bara api.” (HR. Tirmidzi no. 2260. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

 

Suarahati.org, sidoarjo – Hadits ini menggambarkan tentang keadan manusia terhadap banyaknya ujian, cobaan, dan rintangan yang akan dihadapinya hingga jika dia mampu berteguh hati mempertahankan imannya kepada Allah SWT, dalam hal ini ia bagaikan memegang bara api di tangannya. Jika ia lemah, niscaya dia akan meninggalkannya dan berpaling dari segala ajaran Allah dan Rasulnya.

Renungan bagi kita bahwa umat Islam pada masa ini semakin lemah dalam berpegang teguh syariat Islam sehingga mereka dengan mudahnya meninggalkan perintah Allah tanpa diiringi rasa bersalah, bahkan perilaku yang telah nyata bertentangan dengan syariat islam itu dianggap hal yang lumrah untuk di lakukan.

Itulah gambaran orang yang konsekuen dengan ajaran Islam saat ini, yang ingin terus menjalankan ibadah sesuai sunnah Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, begitu sulitnya dan begitu beratnya. Ingatlah janji Allah,

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az Zumar: 10).

Semoga kita dijadikan oleh Allah sebagai orang yang berpegang teguh terhadap agama ini, aamiin…

 

Suarahati.org

 

SHARE ARTIKEL !
0Shares
0Shares