SUARAHATI.ORG, Tidur pagi, memang terasa sangat nyaman, terutama bagi mereka yang memang tak bisa menahan dirinya. Usai Subuh, kepala langsung terasa berat dan hati pun seolah mendesak agar badan segera rebah dan secepat mungkin memejamkan mata. Mungkin wajar, saat kondisi tubuh memang sangat lelah. Tetapi, jika tanpa alasan, lantas setiap pagi menyibukkan diri dengan tidur, sungguh betapa ruginya.

Sedang Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam setiap pagi hari memanjatkan doa untuk umatnya.

 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

“Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi hari mereka.” (HR. Tirmidzi). Artinya, pagi bukan saatnya untuk leyeh-leyeh, apalagi kembali pulas mendengkur. Oleh sebab itu, mesti ada niat dan ikhtiar kuat dalam diri kita agar tidak termasuk umat Islam yang kehilangan berkah saat memulai hari.

 

Pertama, berdzikir
Dzikir pagi adalah amalan yang patut digalakkan. Karena selain membuat lebih bersemangat di pagi hari juga berdampak dimudahkannya segala urusan oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

Kedua, tilawah Alquran
Tilawah Alquran, terlebih jika diniati untuk dibaca dengan penuh penghayatan, perenungan dan kesiapan hati mengikuti dan mengamalkan kandungannya, hal ini akan sangat membantu fokus otak dan hati untuk lebih siap mengakhiri Shubuh dengan kebaikan, ilmu dan spirit iman yang lebih hidup.

Ketiga, memulai beraktivitaslah
Rasulullah, tidak mengawali pagi melainkan dengan bergegas dalam beraktivitas. Jadi, tidak salah jika bangsa Arab mengenal petuah, “Waktu adalah pedang.” Kemudian dalam bahasa kita dikenal, “Siapa cepat dia dapat.” Dengan kata lain, siapa bergegas dalam beraktivitas in syaa Allah dia akan sukses.

Keempat, segerakan mandi
Selain akan memberikan kesegaran lebih dini, waktu untuk melakukan persiapan sebelum menjalani rutinitas harian di luar rumah, bisa dilakukan lebih awal, sehingga mencegah adanya barang tertinggal atau urusan yang terlupa, termasuk terhindar dari berangkat terburu-buru.

Kelima, beramal

Keenam, Shalat Dhuha
Shalat Dhuha merupakan sunnah muakad, terbukti telah dilakukan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam,
Adalah Ibnul Qayyim Dalam Kitab Zaadul Ma’ad, (4/378) pernah berkata tentang empat hal yang akan menghampat datanganya rizki: 

“Empat hal yang menghambat datangnya rizki: tidur di waktu pagi, sedikit shalat, malas-malasan dan berkhianat.”

 

Semoga empat hal yang dimaksud Ibnu Qayyim tidak masuk di antara kita semua.

 

Selamat menjemput berkah pagi hari.

 

 

Silahkan Di Share, jika Artikel Ini Bermanfaat !
0Shares
0Shares