Siroh As-Solution adalah program TalkShow dari Radio SASFM dengan pembicaranya yaitu Ustadz Rofiq Abidin, Ketua Yayasan Suara Hati yang tayang setiap hari selasa pukul 16.00 WIB di SASFM. Tema Siroh As-Solution pada edisi 12 september 2017 yaitu “Mengelola Skill Dan Emosi Nabi Yusuf” yang isinya menceritakan tentang kisah dari nabi yusuf dan pelajaran yang didapat dari kisah nabi yusuf tentang Mengelola Skill Dan Emosi Nabi Yusuf.

 

لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِأُولِي الْأَلْبَابِ ۗمَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَىٰ وَلَٰكِنْ تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ كُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ
“Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Qur’an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman” ( Al-Hajj: 111)

 

Semenjak Nabi Yusuf dipenjara, ia bertemu dengan 2 orang pelayan. Kedua orang pelayan tersebut bermimpi tentang pelayan berada di tengah-tengah pohon . Mereka selain kedua pelayan yang dipenjara bermimpi, Raja pun juga bermimpi bahwa ia melihat tujuh ekor kambing gemuk-gemuk dimakan oleh tujuh ekor kambing kurus-kurus. Dan juga melihat tujuh tangkai anggur hijau dan tujuh tangkai anggur kering. Untuk mengetahui arti mimpi itu, Raja Mesir mengumpulkan para penafsir mimpi. Akan tetapi, para penafsir mimpi itu tidak ada yang dapat menjelaskan tentang arti mimpi Raja Mesir tersebut. Akhirnya salah satu pelayan yang pernah dipenjara, mengatakan bahwa Nabi Yusuf bisa mentakwilkan mimpi. Nabi Yusuf akan mentakwilkan mimpi Raja tapi dengan satu syarat, yakni mencabut semua tuduhan tuduhan keji kepada istri penguasa. Setelah Yusuf bebas dari tuduhan dan penjara, akhirnya Nabi Yusuf mentakwilkan mimpi tersebut. Arti dari mimpi Raja adalah Negeri Mesir akan menjadi makmur selama tujuh tahun, kemudian akan mengalami musim kekeringan selama tujuh tahun pula. Yusuf menyarankan agar rakyat menghemat bahan makanan dan menyimpannya. Dengan demikian, pada musim paceklik tiba Kerajaan Mesir tidak mengalami kelaparan.

Raja Mesir puas atas penjelasan Nabi Yusuf. Akhirnya,Nabi Yusuf diangkat menjadi pegawai di Kerajaan Mesir. Karena kepandaian dan kecerdasan Nabi Yusuf diangkat menjadi Menteri. Allah SWT memuliakan Yusuf menjadi Menteri dan Rasul. Pada musim paceklik, saudara Nabi Yusuf pergi ke kerajaan, Nabi Yusuf pun mengenali kalau itu saudaranya, namun saudaranya tidak mengenali Nabi Yusuf. Nabi Yusuf berkata pada saudaranya bahwasanya kalo besok ke kerajaan ajaklah saudara yang lain (Bunyamin). Nabi Yaqub sempat tidak mengijinkan Bunyamin pergi, kalau Bunyamin pergi Nabi Yaqub pun ikut pergi ke kerajaan. Akhirnya Nabi Yaqub dan semua anaknya pergi ke kerajaan untuk menemui Nabi Yusuf. Nabi yusuf menyambut mereka dengan suka cita. Nabi Yusuf menaikkan ayahnya di singgasana sambil berkata, “Wahai Ayahku, inilah tabir mimpiku yang dahulu itu. Sesungguhnya, Tuhanku telah menjadikannya suatu kenyataan.

Sesi tanya jawab :

Pak kasmo : Apa keutamaan apa sahabat Abu Dardak ia disebut ahli ahli hikmah yang luar
biasa ?

JAWAB : Abu Dardak di persaudarakan oleh Salman Alfarisi oleh Rasul Muhammad, oleh karena itu beliau merupakan orang yang cukup kaya, beliau seorang pedagang namun ia ingin menggabungkan antara berdagang dengan beribadah, jadi ia tidak ingin meninggalkan ibadah dan ia beribadah sangat taat. Suatu hari ada yang bertanya dengan Abu Dardak “Abu Dardak mengapa engkau benci harta ?” beliau menjawab saat ia di hisap ia hawatir jika tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di berikan. Oleh karena itu ia membuat bisnis yang dekat dari jalan masjid

Hamba Allah : Bagaimana sudut pandang dan cara sirah menyikapi permasalahan yang sering terjadi antara menantu dan mertua ?

JAWAB : Rasulullah adalah orang yang pandai membangun keluarga ia mempercayakan anaknya kepada Usman bin Affan. Oleh karena itu membangun hubungan antara mertua dan menantu adalah tidak mudah. Akan tetapi Rasulullah memang orang yang pandai mengangkat semua sahabat-sahabatnya. Semua sahabat adalah mulia di depan Rasulullah SAW. Dan di ibaratkan seolah-olah dia lah yang paling mulia. Sebagai contoh Rasulullah dengan Ali adalah menantu dengan mertua. ketika Husen naik ke punggung Rasulullah, Rasulullah memuji ayah dari Husen. Ia mengajarkan kepada kita semua bagaimana bersikap baik kepada menantu melalui cucu maupun anak kita.

Ibu Masrifa : Kenapa ibu yang hamil pada waktu acara 4 bulanan 6 bulanan dan 7 bulanan diadakan membaca Al Qur’an surat Yusuf dan surat Maryam ? Apa maksud dan tujuannya ? Jelaskan !

JAWAB : Rasulullah tatkala sedih membaca Surat Yusuf agar senang, kebanyakan orang juga punya sugesti membaca Surat Yusuf akan mendapatkan anak yang tampan dan membaca Surat Maryam akan mendapatkan anak yang baik akhlaknya. Disamping itu, Karena saat 4 bulanan janin sudah di tiup rohnya dan dianjurkan memperbanyak membaca Al Qur’an akan tetapi tidak harus Surat Yusuf dan Maryam

Ibu nurul : Suatu hari pernah mendengan cerita bahwa Ibrahim bin Adam seorang raja yang sangat zuhuj beliau itu siapa ? apa juga keturunan diantara nabi-nabi ?

JAWAB : Jika dalam cerita nabi Ibrahim bin Adam itu tidak ada, nabi Ibrahim bukan bin Adam bukan orang pembuat patung tersebut, ada beberapa nabi yang tidak tertulis dalam Al Qur’an akan tetapi cerita itu bukan nabi, karena mungkin nabi Adam dan Nabi Ibrahim bukan bin dari itu.

Solusi pertanyaan:
Kebenaran itu tidak harus logika, namun khola Rasulullah dan berpedoman dengan Al-Quran. Anak bukan hanya dididik guru, namun harus dididik orang tua juga. Menanamkan nilai-nilai keimanan sejak dini.
Jangan sampai sibukmu bisa melupakan Allah.
Komunikasi wajib dibangun dalam keluarga.

Hikmah yang dapat diambil dari kisah Nabi Yusuf:
Setiap kemampuan kita pasti Allah hadirkan tantangan, sebenarnya kita peka tidak dengan kemampuan kita. Allah menguji ketajaman kemampuan kita. Allah sangat banyak membantu kita, tapi kita tidak peka dengan kesulitan tersebut.
Ketika Allah sudah sudah memberi kesempatan kita untuk mengimplementasikan kemampuan kita, sebaiknya jangan lupa syiarnya (tauhid) maknanya ibadah. Sehingga terjadi manajemen skill.

Silahkan Di Share, jika Artikel Ini Bermanfaat !
0Shares
0Shares